Step 1

Bangun tahajud, kemudian sholat subuh berjamaah dan meminta berdoa setiap selesai sholat.

Step 2

Kemudian siapkan :

1. Paspor asli

2. Biaya untuk ambil tasdiq di syuun, ingat! Ini yang paling penting (siapkan uang fakkah [uang pecahan]: selembar uang 50 pon dan selembar 20 pon)

3. Berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mengambil tasdiq minhah di syuun, kalau fakultas syariah islamiyah banin cukup menyetorkan kerneh sudah bisa ambil tasdiq minhah.

4. Biaya cuci foto, fotocopy paspor & fotocopy tasdiq minhah.

5. File foto yang akan dicuci, bisa antum simpan di galeri hp antum.

Step 3

Pas jam setengah 10 pagi, antum berangkat dari rumah menuju ke syuun, trus setorkan berkas yang dibutuhkan untuk mengambil tasdiq minhah, bilang aja ke ammunya: aizz tasdiq minhah.
Lalu bayar di khazinah memakai uang fakkah yang tadi antum udah siapkan.

Setelah tasdiq sudah ditangan, beralihlah menuju tempat fotocopy, lalu antum fotocopy paspor depan antum dan tasdiq minhah yang tadi sudah antum beli di syuun masing- masing 4 lembar.

Berarti antum udah menyelesaikan 50 % dari berkas yang dibutuhkan, sisa 50% lagi, yaitu foto.

Antum pergi ke tempat cuci foto, kalau perlu yang harga nya mahal, supaya cepat kelar, bilang aja ke ammu tukang cuci fotonya “aizz sittah suroh arba’ah fii sittah, wa itsneein suroh asyarah fii khamasta asyar”
Lalu antum kirim file foto yg udah disiapkan tadi ke ammu cuci foto

Tinggal menunggu 30 menit, insyaallah foto antum udah jadi, lalu bayar ke ammu nya dengan uang yang tadi antum udah siapkan

Setelah melalui 3 step ini, Alhamdulillah, 100% berkas antum udh selesai

Mabruukk !! πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

 

Baca juga! Info Kepengurusan BZ dan Berkas yang Perlu disiapkamΒ 

Penyetoran berkas ke maktabah BZ

Antum harus bangun shubuh, kalau bisa shalat shubuh berjamaah di masjid, lalu berdoa kepada Tuhan supaya dimudahkan urusan antum nantinya

Yang mesti disiapkan :

1. Berkas yang akan antum setorkan ke kantor BZ

1. Biaya transportasi sekitar 30 pon

2. Tenaga dan mental untuk ke kantor BZ

Setelah antum udah persiapkan itu semua, berangkatlah dari rumah jam 8 pagi. Ingat! Jam 8 pagi,Β apalagi antum2 yang belum tahu betul rute dan letak kantor BZ

Rute menuju kantor BZ

Rute ini hanya yang berdomisili di daerah Darrasah dan sekitarnya

Pertama:

Antum jalan kaki ke mahattoh masyikhah (kalau antum gak tau masyikah itu dimana, bisa nanya ke senior).

Setelah antum udah sampai di mahattah masyikhah, antum cari tramco yang tujuannya ke Sayyidah Aisyah.

Kedua:

Ketika antum udah sampai ke Sayyidah Aisyah. Antum sambil jalan kaki langsung ambil jalan belok ke kanan, belokan kanan pertama setelah antum turun dari tramco, bukan belokan kanan yang depan pintu mesjid sayyidah aisyah, bukan itu…!

Setelah antum belok, dan jalan kaki sekitar 20 meter, antum akan ketemu dengan gerombolan ammu- ammu sopir tramco, nah tanya dah tuh salah satu dari mereka, bilang gini “aizz rooh ila carrefour ma’adii, binirkab eehh ??”
Insyaallah ammu disitu orangnya baik- baik kok, antum akan langsung diarahkan ke tramco yang arah nya menuju carrefour

Atau kalau mau mudah, pas turun dari tramco, antum langsung aja jalan menuju bawah jembatan, dan ambil mobil disitu, bilang aja “carrefour ma’adii ??”

Ketiga:

Setelah antum udah sampai depan carrefour, nah kantor BZ tuh bangunan nya jelas banget, warna biru menyala, letak nya tuh sebelum bangunan carrefour, bukan setelahnya, antum bisa nyebrang & jalan-jalan dikit menuju pintu utamanya, letak pintu utamanya itu di bawah jalan raya. Antum bisa cari tangga yang menuju kesana, insyaallah ada fotonya, nanti lihat fotonya aja supaya lebih jelas

Keempat:

Setelah antum masuk ke kantor & ketemu bang WAEL, antum akan dikasi formulir, kalau gak dikasi, bilang aja ke beliau “aizz istimaroh”,Β nah isi dah tuh formulir, setelah formulir nya udah diisi, setor ke beliau beserta berkas yang antum udah siapkan tadi.
Setelah itu antum akan diberi surat rekomendasi untuk membuka rekening di bank faishol, hati- hati! Surat itu dijaga baik-baik, jangan sampai hilang.

Kelima:

Sekarang, antum udah setor berkas. tinggal bagaimana rute nya pulang kembali ke darrasah.

Cara nya : ketika antum udah keluar dari pintu kantor BZ, langsung belok kanan ke arah carrefour, bukan belok kiri, antum jalan dan tuh lurus terus-terus sampai dapat terowongan, mungkin sekitar 100 meter lah, ketika udah sampai ke terowongan, antum akan dapati lagi tuh gerombolan ammu sopir tramco, gerombolan ini, insyaallah baik- baik juga kok, nah antum nanya dah ke salah satu dari mereka “auzz roh ila sayyidah aisyah, nirkab eeh ??”
Inyaallah antum akan diarahkan oleh salah satu dari beliau-beliau.
Setelah antum sudah berada di tempat yang ditunjuk oleh ammu tramco tadi, disitu antum mesti nyetop mobil dan bertanya ke sopir nya, bilang *sayyidah aisyah ??*, kalo dia bilang *aiwa*, barulah antum naik, karena biasa nya tramco ke sayyidah aisyah itu agak sulit kalau dari arah ini, apalagi kalau udah jam 11 pagi, ini menurut pengalaman ana.

Setelah sampai di sayyidah aisyah, antum ambil tramco lagi ke masyikhah, kalau gak tau mau ambil tramco yang mana, antum tanyalah sopir tramco yang berkeliaran disekitar situ, insyaallah diarahkan ke tramco yang antum inginkan..

Alhamdulillah, sampai disini, antum udah menyelesaikan pengurusan BZ bab pertama..
Insyaallah tips-tips selanjutnya akan di jelaskan di bab kedua..πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

Selamat mencoba ! πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»
Mohon maaf kalau ada kesilapan πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»πŸ™πŸ»