beasiswa timur tengahAlhamdulillah, Syukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala atas kesempatan saya menuliskan artikel beasiswa kali ini. Tentunya ini menjadi kabar gembira bagi para penuntut ilmu di seluruh dunia terlebih lagi di indonesia. Bagaimana tidak, Taibah University terletak di kota Madinah Al-Munawwarah, kota yang diberkahi penduduknya, tanahnya, dan jasad mulia Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dimakamkan di tanah madinah.

                Tidak heran jika banyak para pemburu beasiswa timur-tengah menjadikan kota madinah sebagai destinasi utama untuk menimba ilmu agama baik S1, S2 hingga S3. Admin sendiri, sering kepo-in status-status media sosial mahasiswa Madinah, biasanya suka senyum-senyum sendiri ketika melihat candaan mereka sesama mahasiswa Madinah di pelataran masjid Nabawi. Hmm.. 😊 kapan yaa bisa kesana..

Nah, sahabat setia timteng.id semuanya, perlu kalian catat bahwa Taibah University ini terletak tidak jauh dari Islamic University of Madinah atau Universitas Islam Madinah (UIM) yang sangat populer tersebut. Jaraknya hanya sekitar 5 km saja. Dan, Taibah University ini hanya berjarak 11.2 km dari Masjid Nabawi. Lumayan dekat kan..

Kabar baiknya, beasiswa ini bersifat (fully funded) alias beasiswa penuh, kalian tidak dibebankan sepeserpun sejak awal mendaftar hingga sarjana nanti. Ya, beasiswa dari Arab Saudi pada umumnya memang seperti ini. Dibuka untuk laki-laki dan perempuan (wajib punya mahram) dan tidak disebutkan kapan deadline pendaftaran online dan kapan pengumuman kelulusannya. Biasanya kurang lebih satu tahun (seperti kampus-kampus lain pada umumnya di Arab Saudi)

Oh ya, semua keterangan dibawah ini admin terjemahkan secara sederhana langsung dari website resmi kampusnya yang berbahasa Arab. Jadi admin tentu menerima koreksi/kritik/saran dari pada senior/kakak-kakak yang menemukan kesalahan makna pada artikel kali ini.

Yuk langsung saja ke syarat dan ketentuan beasiswanya! Simak baik-baik ya!

Setelah nantinya kalian mengisi formulir data diri, maka kalian diwajibkan meng-upload berkas-berkas yang dibutuhkan. Nah, nantinya akan ada 13 kolom upload berkas, 9 diantaranya adalah:

  1. Ijazah SMA/MA/Sederajat nilai rata-rata minimal 8.0 keatas.
  2. Transkrip Nilai tahun 1
  3. Transkrip Nilai tahun 2
  4. Transkrip Nilai tahun 3
  5. Passport halaman 1-2
  6. Passport halaman 3-4
  7. Surat Keterangan Sehat (Terjemah + Legalisasi)
  8. Surat Ket. Masuk Islam (Khusus Muallaf)
  9. Surat Ket. Kependudukan (Misal KTP/Kartu Identitas Lainnya)

Ditambah 4 kolom upload berkas pendukung yang bersifat opsional (sebaiknya ada)

Mungkin kalian bisa mengisinya dengan SKCK, atau Surat Rekomendasi dari Pemerintah Setempat atau MUI atau dari Tokoh Agama. Juga bisa diisi dengan Sertifikat Hafalan atau berkas-berkas mendukung lainnya seperti Setifikat Juara Musabaqah Tilawatil Qur’an dan lain sebagainya. Tentunya semua sudah di terjemahkan secara resmi ke bahasa arab ya! (untuk jasa terjemah hubungi whatsapp kami 0822-8733-0096) atau via DM instagram kami @timteng.id

Adapun syarat umum bagi calon pendaftar adalah sebagai berikut :

  1. Sudah memiliki Ijazah
  2. Umur minimal 17 dan maksimal 25 tahun saat mendaftar
  3. Disetujui oleh negara asal untuk belajar di Arab Saudi
  4. Pendaftar belum pernah menerima beasiswa dari pihak atau lembaga di Arab Saudi
  5. Menertakan SKCK dari negara pendaftar
  6. Ijazah dan Dokumen lainnya dilegalisasi negara pendaftar
  7. Tidak pernah di DO dari salah satu lembaga pendidikan di Arab Saudi
  8. Pendaftar wanita menyertakan surat keterangan mahram
  9. Menyertakan surat keterangan menikah bagi pendaftar yang sudah menikah
  10. Lulus tes kesehatan
  11. Menyelesaikan pengisian formulir data diri dan informasi akademik di website resmi taibah university
  12. Penyetaraan ijazah SMA saat telah dinyatakan lulus. dilakukan di Arab Saudi.

Perlu diketahui bahwa pada saat pendaftaran berkas dan data diri ini, belum ditentukan jurusan mana yang akan kalian masuki. Dikutip dari www.santrinabawi.com bahwa pemilihan jurusan dilakukan ketika dinyatakan lulus seleksi berkas. Ada baiknya kalian melihat daftar fakultas dan jurusannya di www.taibahu.edu.sa

Link pendaftaran https://eas.taibahu.edu.sa/AdmExternalScholarship/std/studentAdmission.do?ex=preEx
 

Okey, selamat mencoba dan jangan lupa isi masa penantian pengumuman kalian dengan hal-hal yang bermanfaat dibarengi dengan do’a untuk kelulusan kalian yah! Jangan patah semangat dan beranikan diri kalian untuk belajar di Negeri Para Nabi, tentunya bersama www.timurtengah.id !

Bittaufiiq Ma’a An-Najah! Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 😊

The post Taibah University, Madinah Al-Munawwarah appeared first on timurtengah.id.

Leave a Reply