Sejarah Al-Azhar tidak dapat dipisahkan dari sejarah perkembangan Mesir, terutama pada masa pemerintahan Daulah Fathimiyyah. Khalifah ketiga Dinasti Fathimiyyah Mu’iz lid-Dinillah Ma’ad bin al-Manshur, tercatat sebagai khalifah yang membangun Kota al-Qahirah (Kairo) pada 358 H/969 M. Pembangunan Kota al-Qahirah ditangani oleh seorang panglima Jauhar as-Shaqili. Dalam pembangunannya, dalam kota ini dibangun beberapa istana yang ditempatkan disebelah barat dan timur yang mengapit Jami’ al-Qahirah (masjid Kairo). Daerah itu kemudian disebut sebagai al-Qushur ad-Dzahirah, sebuah tempat dengan penataan artistik yang sangat indah, yang konon ketika malam hari taman-taman disekitar istana itu diterangi dengan cahaya. Oleh karenanya Jami’ al-Qahirah kemudian lebih dikenal dengan Jami’ Al-Azhar (Masjid yang diterangi kelap-kelip cahaya). Pada masa ini, Masjid al-Azhar digunakan sebagai sarana penyebaran ajaran Syiah, dengan diajarkannya Kitab Mukhtashar oleh Qadhi al-Qudhat al-Hasan Ali bin Nu’man al-Qairawani pada bulan Shafar 359 H/967 M.

Jami’ al-Azhar kemudian di perluas dan dibangun kembali pada masa Sultan An-Nashir 1303 M (pada masa ini dinasti fathimi telah tunduk kepada kekhalifahan Abbasiyyah). Kemudian pada masa Sultan Qanshouh al-Ghouri dibangunlah menara al-Azhar yang memiliki dua puncak (Manaratu al-Azhar adz-Dzau ar-Ra’sain). Pada masa Amir Abdurrahman Kathadaka dibangun kembali dua menara disisi kanan dan kiri masjid. Dalam perkembagannya Jami’ al-Azhar banyak menerima sumbangan wakaf dari sultan-sultan Fathimiyyah sehingga kekayaannya waktu itu mencapai 1/3 dari seluruh kekayaan mesir.

Jami’ al-Azhar kemudian rombak pada masa Shalahuddin al-Ayyubi menjadi pusat pembelajaran islam sunni dan terus berkembang dibawah pemerintahan Dinasti Mamalik. Dibawah kekuasaan Khilafah Utsmaniyyah dibentuk lembaga keazharan yang dipimpin oleh Syaikh al-Azhar, Syaikh Muhammad al-Khurasyi (1010 -1101 H) terpilih sebagai syaikh al-Azhar pertama. Sampai saat ini telah berganti 40 Syaikh al-Azhar, dan terakhir Syaikh Muhammad Sayyid Thanthawi yang wafat pada 10 Maret 2010 kemarin.

Para santri al-azhar; abad ke-18 M

Al-Azhar mengalami masa kejayaan pada Abad ke-15 m, tercatat ulama seperti Ibnu Khaldun, As-Suyuthi, Ibnu Khaliqan, Al-Khawi, Abdul Latif al-Baghdadi, dan al-Maqrizi adalah para alumnus al-Azhar pada masa ini. Setelah itu al-Azhar mengalami kemerosotan sehingga pada abad ke -19 M harus berhadapan dengan sekolah-sekolah modern. Setelah itu al-Azhar mulai mereformasi diri, pertama-tama dibakukannya ujian sebagai syarat untuk mendapatkan ijazah al-‘Alamiyyah (sertifikat kesarjanaan), pembagian periode pendidikan dasar dan menengah, dan pembagian antara Ulum al-Manqulah dan ulum ma’qulah. Sampai kemudian al-Azhar dibentuk menjadi Universitas pada tahun 1930. Al-Azhar kemudian dikenal dengan nama Jami’ah al-Azhar asy-Syarief.

Dalam perjalannya, Jami’ah al-Azhar telah mencetak para ulama yang mumpuni dan dikenal dunia islam. Sebut aja para ulama seperti Syaekh Muhammad al-Ghazzali, DR. Yusuf al-Qardhawi, DR. Wahbah az-Zuhaily pakar fikih islam, Syekh Izzuddin al-Qossam pemimpin jihad di Palestina, dan masih banyak lagi pakar-pakar yang merupakan lulusan dari Universitas al-Azhar. Di Indonesia seperti DR. Quraisy Shihab pakar tafsir, DR. Surahman Hidayat pakar fikih, dan yang terbaru DR. Zain an-Najah pakar Ushul Fiqh dan masih banyak lainnya.

Al-Azhar pada tahun 1906Sebagaimana yang di ketahui, Al-Azhar adalah masjid yang berusia lebih dari 1000 tahun, dan salah satu masjid terpenting di Mesir.

Al Azhar Jami’ wa Jami’ah

Ketika itu menaklukkan Mesir di tangan جوهر الصقلي, komandan المعز لدين الله khalifah Fatimiyah pertama di Mesir, الصقلي mendirikan kota Kairo, dan kemudian memulai pembentukan Masjid Al-Azhar, dan dilaksanakan sholat jum’at yang pertama kali pada 7 Ramadhan 361 H (972 M), itu adalah masjid pertama yang didirikan di kota Kairo, peninggalan sejarah Fatimi tertua yang ada di Mesir.
Sejarawan berbeda pada asal-usul penamaan masjid, dan pendapat yang kuat adalah Dinasti Fatimiyah memberi nama Al-Azhar karena Fatimah Zahra putri Nabi Muhammad saw, dan untuk memujinya.
Era Mamluk adalah salah satu saat paling indah dan terbaik Al-Azhar, di mana penguasa Mamluk bersaing dengan siswa Al-Azhar, orang tua dan arsitektur, dan memperluas belanja dan minat mereka di dalamnya, dan bahkan arsitekturnya yang sangat megah.

Al-Azhar selama periode Ustmani

أما في العصر العثماني، فقد أبدى سلاطين العثمانيين احتراماً كبيراً للمسجد وأهله على الرغم من مقاومته لهم ووقوفه مع المماليك خلال حربهم مع العثمانيين، إلا أن هذا الاحترام لم يترجم عملياً في صورة الرعاية والاهتمام بعمارته أو الإنفاق على شيوخه وطلابه.

خلال تلك الفترة، أصبح الجامع المكان الأفضل لدى عموم المصريين والأولى بتلقي العلوم والتفقه في الدين، وأصبح مركزاً لأكبر تجمع لعلماء مصر، كما بدأ في تدريس بعض علوم الفلسفة والمنطق لأول مرة.

Al-Azhar pada tahun 1925

خلال الحملة الفرنسية على مصر، كان الأزهر مركزاً للمقاومة، وفي رحابه خطط علماؤه لثورة القاهرة الأولى، وتحملوا ويلاتها، وامتهنت حرمته. وفي أعقاب ثورة القاهرة الثانية تعرض كبار علماء الأزهر لأقسى أنواع التعذيب والألم، وفرضت عليهم الغرامات الفادحة، وبيعت ممتلكاتهم وحلي زوجاتهم الذهبية استيفاء لها.

Siswa yang belajar di masjid Al-Azhar

وعقب مقتل القائد الفرنسي كليبر، فجع الأزهر في بعض طلبته، وفي مقدمتهم سليمان الحلبي، وبينما كان الاحتلال الفرنسي يلفظ أنفاسه الأخيرة صدرت الأوامر باعتقال شيخ الأزهر الشيخ عبدالله الشرقاوي، وظلت تخيم أزمة عدم الثقة بين الأزهر وسلطات الاحتلال الفرنسي حتى آخر أيامه ورحيله عن البلاد.

وبعد انسحاب الفرنسيين من البلاد، عين محمد علي باشا نفسه والياً على مصر استجابة للشعب، وسعى إلى توطيد حكمه من خلال التقرّب إلى علماء الأزهر، وسار على نهجه أبناؤه وأحفاده، الذين كان آخرهم الملك فاروق الذي تنازل عن العرش الملكي بسبب ثورة 1952.

وفي أعقاب ذلك وفي عام 1961، ووفقاً للقانون الصادر في نفس العام، تم إعلان قيام جامعة الأزهر رسمياً وإنشاء العديد من الكليات.

كان الجامع الأزهر النواة الأولى لأي تجييش للمصريين وتجميعهم للانطلاق نحو معارك أمتهم ونصرتها، حدث ذلك عندما أطلق الرئيس جمال عبدالناصر قولته الشهيرة من الأزهر “سنحارب لدفع العدوان الثلاثي”، وكانت الدعوات تنطلق من الأزهر لدعم الجيش عقب معركة 1967، وجاب علماء الأزهر ربوع البلاد وجبهات القتال لتهيئة المصريين وجنودهم لمعركة استعادة الأرض والتحرير في العام 1973.

من أشهر العلماء الذين ارتبطت أسماؤهم بالأزهر: ابن خلدون، وابن حجر العسقلاني، والسخاوي، وابن تغري بردي، والقلقشندي، ولايزال الأزهر يخرج كل يوم علماء وفقهاء ينشرون رسالة الإسلام الوسطي المعتدل في كل ربوع الدنيا.

Al Azhar tahun 2018

Sumber: http://informasi-alazhar.blogspot.com/p/sekilas-universitas-al-azhar.html

https://www.alarabiya.net/ar/arab-and-world/egypt

Leave a Reply