Rihlah Fusthot- Jum’at 22 /3/ 2019, angkatan (TO’MIYAH) kedatangan 2018 kekeluargaan Gamajatim gelar Okad (Orientasi kader Daerah) Outdoor berjalan dengan sukses. Seperti agenda tahunan kekeluargaan Gamajatim yang berbeda dengan kekeluargaan lainnya, dimana Okad (Orientasi Kader Daerah) Outdoor diadakan dengan rihlah keberapa tempat bersejarah di Mesir.
Pada kesempatan kali ini, anggota rihlah tidak hanya berdomisilikan kekeluargaan Gamajatim, melainkan beberapa anggota kekeluargaan seperti  KPMJB, KSW, KMKM. Semuanya berjumlah 73 peserta dan 8 lainnya  pembimbing panorama daerah Fusthot dan sekitarnya.
Berdasarkan estimasi rentetan waktu, tepat pukul 08.00 clt rombongan berkumpul di Stasiun Metro, Ramsis. Dilanjut perjalanan pertama menggunakan metro -kereta listrik- ke Stasiun Margirgis, menuju Nil Nol Meter atau Mathaf Ummi Kultsum. Yang pada masanya, tempat ini difungsikan sebagai pengukur kedalaman sungai Nil.

Perjalanan kedua yakni Masjid tertua di Afrika, masjid Amru bin Ash. Masjid yang dibangun pada tahun 21 Hijriyah dan sudah mengalami beberapa renovasi. Setelah menunaikan Sholat Jum’at di Masjid Amru bin Ash para rombongan menyantap makan siang yang telah disediakan panitia dan perfotoan bersama.

Masih tetap berlanjut dengan tujuan berikutnya, Gereja gantung dan Gereja Sinagorg. Setelah beberapa waktu menikmati suasana disana, tak luput panitia menggiring para peserta pergi ke sungai Nil sebagai penghujung rihlah. Disinilah, para peserta disuguhkan dan dimanjakan dengan panorama indah di atas perahu layar.

“Jujur saya senang banget ikut rihlah yang diadakan Gamajatim kali ini.” Ujar Indra Fathurrahman peserta rihlah dari kekeluargaan KPMJB. Okad kali ini telah  diprakarsai oleh Luqman at-Tarmidzi -masisir kedatangan 2018- berjalan sesuai harapan. “Saya sangat berterima kasih sekali atas kerjasama rekan-rekan panitia, peserta, maupun para senior yang turut menyukseskan acara ini. Bagi saya, tanpa kalian saya pribadi tidak akan sanggup.” Tutur Ketua Okad.

Sejatinya rihlah ini telah mendatangkan banyak manfaat. Selain me-refresh kembali otak pikiran, merekatkan tali silaturahmi,  juga menambah wawasan sejarah dan cakrawala di Mesir. Semoga dengan rihlah ini dapat mendekatkan diri kita kepada sang Pencipta, intropeksi diri, serta bertafakur betapa nikmat sang Maha Kuasa.

Rep: Fandi

Red: Nafisah

The post Okad Outdoor; Gamajatim Road to Fusthot appeared first on GAMAJATIM Mesir.

Leave a Reply