Di masa penyebaran virus Corona (Covid-19) yang belum juga membaik, seluruh elemen pemerintah dan masyarakat melakukan berbagai macam usaha demi menekan penyebaran tersebut.

Salah satu jalan yang ditempuh adalah dengan mengadakan pemeriksaan suhu tubuh di berbagai tempat hilir-mudik manusia; seperti bandara, stasiun kereta, dan kantor-kantor pemerintahan. Guna mendapatkan hasil yang akurat dan cepat, biasanya, digunakanlah thermometer gun.

Mengapa Mengukur Suhu Tubuh?

Barangkali kamu bertanya-tanya, mengapa harus suhu tubuh yang diperiksa? Memangnya suhu tubuh bisa mengindikasi adanya virus? Jawabannya, ya!

Ketika tubuh mendapat serangan dari luar berupa virus ataupun bakteri, imun yang bekerja melawan serangan tersebut dapat menstimulasi suhu dalam tubuh menjadi lebih tinggi. Kebanyakan virus atau bakteri tidak tahan terhadap suhu yang tinggi. Biasanya, mereka akan mati di atas suhu normal manusia, 36-37 derajat celcius.

Saat suhu tubuh mencapai 37,5 derajat, ini mengindikasikan bahwa sedang ada pekerjaan lebih dari sistem imun tubuh yang bekerja mengentaskan virus.

Dalam pemeriksaan di tempat umum akhir-akhir ini, jika ditemukan pengunjung yang suhu tubuhnya mencapai 37,5 derajat, maka ia akan dilarang masuk dan diarahkan untuk menjalani beberapa pemeriksaan lebih lanjut. Ini sangat membantu identifikasi virus Corona lebih dini, untuk mencegah meluasnya virus tersebut.

Thermometer Gun, Cepat dan Akurat

source: katadata

Thermometer gun adalah salah satu bentuk termometer yang bekerja menggunakan sinar inframerah yang dipancarkan ke objek yang diinginkan. Sinar inframerah dapat menghitung derajat panas tubuh dengan cepat dan akurat, tanpa harus menempelkan termometer ke permukaan objek.

Ketika ingin memeriksa ratusan atau mungkin ribuan orang yang lalu-lalang, pastinya dibutuhkan alat yang bisa dengan cepat mendeteksi suhu tubuh, sekaligus akurat. Maka tidak heran, akhir-akhir ini kita sering melihat thermometer gun banyak digunakan.

Selain itu, karena metode pengambilan suhu yang digunakan adalah dengan sinar, maka ini sekaligus dapat mengurangi adanya kontak langsung dengan orang yang bisa jadi terjangkit virus, sehingga penyebaran virus Corona pun dapat dikurangi.

Pemerintah dan masyarakat harus sama-sama bersinergi dalam menekan penyebaran virus Corona. Salah satunya dengan terus menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Jika kamu merasa demam, jangan panik. Konsumsi makanan dan minuman yang bisa memperkuat sistem imunmu.

Jangan lupa juga untuk sementara mengisolasi diri dengan tidak banyak keluar rumah jika memang tidak ada keperluan yang sangat penting. Terakhir, kita semua berdo’a supaya wabah ini segera berakhir. 🙂

Penulis: Inge Mauledena