Lagi, putra bangsa kembali mengharumkan nama bangsa Indonesia. Minggu (23/12), Ustadz Faiz Husaini, Lc. berhasil meraih gelar master jurusan Tafsir dan Ilmu al-Qur’an di Universitas al-Azhar Kairo. 

Mahasiswa berdarah jawa tersebut, berhasil mempertahankan tesisnya yang berjudul:“تعقيبات العلامة الآلوسي في تفسيره على العلامة جار الله الزمخشري من أول سورة الحجر إلى آخر سورة الكهف – عرضا ودراسة وتعليقا” ‘Komentar Imam al-Alusi di dalam Tafsirnya Terhadap Tafsir Imam Zamakhsyari dari Awal Surah al-Hijr  Sampai Akhir Surah al-Kahfi – Pemaparan, Penelitian, dan Tanggapan’, setelah tiga jam menjalani sidang yang cukup ketat di hadapan dua dewan pengujinya, Prof. Dr. Khalid Said al-Basyuni yang merupakan penguji dari Universitas al-Azhar Kairo sendiri dan Prof. Dr. Ramadhan Abdul Aziz Athallah penguji dari Universitas al-Azhar Manoufia.     

Sidang yang berlangsung di Auditorium Imam Bukhari ini, dipimpin oleh dosen pembimbing utama, Prof. Dr. Muhammad Muhammad Muhammad Qasim didampingi pula Prof. Dr. Husain Muhammad Ibrahim sebagai dosen pembimbing kedua dalam penulisan tesis tersebut.     

Dosen pembimbing dan dewan penguji sangat mengapresiasi dan memuji keberanian beliau dalam pemilihan tema tesis, karena tema yang beliau angkat memang cukup berat  bahkan bagi kalangan mahasiswa Mesir sendiri. Namun hal tersebut, sama sekali tidak menyurutkan semangat beliau dalam menyelesaikan tesisnya. Kurang lebih 150 orang memadati ruangan sidang guna mengikuti jalannya sidang.

Sebagian besar dari mereka merupakan warga kekeluargaan Kelompok Studi Walisongo (KSW) dan mahasiswa Pascasarjana lainnya. Turut hadir Atase Pendidikan dan Budaya (Atdikbud) KBRI Kairo, Bapak Dr. Usman Syihab beserta rombongan.     

Ucapan hamdalah serta tepuk tangan yang saling bersahutan saat pengumuman hasil nilai dibacakan oleh Prof. Dr. Muhammad Muhammad Muhammad Qasim. Hasilnya, Ustadz Faiz Husaini, Lc. berhak mendapatkan gelar master dengan predikat mumtaz atau cumlaude.

Terakhir, Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin mengucapkan selamat kepada Ustadz Faiz Husaini, Lc. atas kelulusannya dan semoga ilmu yang didapat bermanfaat dan membawa keberkahan bagi bangsa dan umat islam, serta menjadi motivasi bagi Mahasiswa Indonesia di Mesir. Barakallahu fiik wa nafa’a Allahu ‘ilmaka fii ad-Dunya wa al-Akhirah. Aamiin.

Sumber: http://www.ushuluddin.com/2018/12/mahasiswa-indonesia-kembali-menorehkan.html?m=1

Leave a Reply