Oleh: Akhmad Yani

Saat kelulusan calon mahasiswa baru (Camaba) Timur Tengah telah diumumkan, para peserta yang lulus biasanya dibingungkan dengan persiapan-persiapan, baik itu pakaian, buku, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Baca juga: Biaya Kehidupan di Mesir Secara Umum

Kebanyakan orang beranggapan salah satu barang yang mungkin tidak boleh lepas dari mahasiswa pada umumnya adalah laptop atau komputer. Hal itu disebabkan kebutuhan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan hal tulis menulis, seperti membuat makalah, artikel, dan tugas-tugas lainnya.

Namun, hal ini berbeda dengan mahasiswa al-Azhar yang sangat jarang diberikan tugas oleh dosen untuk membuat bahts atau makalah. Metode pengajaran di al-Azhar mungkin bisa dibilang unik, yaitu mahasiswa dituntut untuk mengisi keilmuan dulu, baru berkarya. Tapi, berbeda dengan mahasiswa yang aktif di organisasi, seperti kajian atau media informasi dan organisasi-organisasi lainnya.

Baca Juga: Apa Saja yang Harus dibawa dan dipersiapkan camaba?

Mahasiswa-mahasiswa yang aktif di organisasi bisa dibilang sangat memerlukan laptop untuk menyelesaikan tugasnya. Pada dasarnya laptop itu tergantung pada kebutuhan masing-masing. Seperti kajian, di sana mereka ditugaskan untuk membuat makalah. Media informasi, mereka membuat tulisan-tulisan, opini, berita dan lainnya.

Ada juga yang mereka sudah ada basic skill desain atau videomaker, biasanya mereka disuruh untuk membuat pamflet, flyer, poster, banner, video-video pendekdll. Namun, ada hal yang lebih penting daripada itu yang harus teman-teman ketahui, yaitu fungsi laptop sebagai penunjang belajar.

Alat Elektronik Sebagai Penunjang Belajar

Sebelum teman-teman membeli Laptop, khususnya calon mahasiswa baru, kalian harus memikirkan, untuk apa laptop itu nanti, agar bisa kalian manfaatkan secara maksimal untuk, menunjang belajar di sekolah yang kalian pilih.

Tablet Samsung Wtih S Pen

Laptop 2 In 1

Ketika kalian benar-benar membeli laptop, belilah laptop 2 in 1 atau tablet. Laptop 2 in 1 adalah laptop layar sentuh yang keyboardnya bisa dilepas dari layarnya. Harganya kisaran dari 2 juta sampai puluhan juta rupiah, dan beli juga Pen Stylus, biasanya harganya 20 ribu sampai 40 ribu rupiah. Kalau kalian membeli tablet, belilah tablet Samsung with S Pen.

Baca juga: Penawaran Tablet Samsung With S Pen dari ESI

Kenapa saya merekomendasikan untuk membeli itu? Saya akan kasih tahu beberapa hal yang mungkin nanti akan membantu teman-teman belajar. Di OS Windows ada aplikasi-aplikasi berguna yang harus kalian miliki agar bisa memaksimalkan fungsi laptop 2 in 1 tersebut, begitu juga di android, pertama-tama saya akan jelaskan yang di Windows dulu.

1. Xodo

Aplikasi ini adalah pdf reader, sama seperti Foxit Reader, tapi saya lebih rekomendasikan aplikasi ini karena bisa terbilang lebih praktis dan ringan. Dengan aplikasi ini kalian bisa mencorat-coret File pdf layaknya kertas. Banyak fitur yang tersedia, seperti Stabilo, memasukkan gambar dll. Untuk lebih detailnya kalian bisa tonton di video di atas. Aplikasi ini cukup ringan 54.86 MB, bisa langsung kalian download di Windows Store bagi pengguna Windows 8-10 atau bagi pengguna Windows lainnya kalian bisa download di sini (https://www.microsoft.com/en-us/p/xodo-pdf-reader-editor/9wzdncrdjxp4).

2. One Note

Aplikasi ini adalah aplikasi note yang sangat saya rekomendasikan untuk kamu pakai, karena fiturnya sangat lengkap, mulai dari penyusunan buku dengan tanda-tanda warna (contohnya ada di video), memasukkan audio, memasukkan File pdf, copy paste tulisan, corat-coret di mana saja. Biasanya aplikasi ini sudah tersedia di Windows 8-10, atau jika belum ada, kalian bisa instal langsung bersama dengan Microsoft Word, karena biasanya langsung satu paket.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kalian harus log in dulu, jika belum ada akun, kalian bisa mendaftar. Jika teman-teman bertanya-tanya apakah aplikasi ini offline atau online? Jawabnya aplikasi ini offline, dia hanya perlu online saat log in atau mendaftar saja. Link download https://www.onenote.com/download

3. Bamboo Paper

Aplikasi ini sama dengan One Note tapi fiturnya terbatas, kelebihan dari aplikasi ini adalah sensasi menulisnya lebih terasa seperti di kertas daripada aplikasi One Note. Kamu bisa langsung mendownloadnya di Windows Store.

4. Al-Marjaa atau The Complete Islamic Reference

Mungkin bagi sebagian teman tidak asing dengan aplikasi Maktabah Syamilah, yaitu aplikasi yang memuat ribuan kitab, nah aplikasi al-Marjaa ini juga seperti itu, tapi aplikasi ini lebih kecil ukurannya, yaitu cuma 5 GB, aplikasi praktis dengan banyak fitur, serta mengumpulkan kitab-kitab umdah (utama) bagi pelajar ilmu agama, kitabnya tersusun perkategori.

Aplikasi al-Marjaa adalah aplikasi yang berbayar. Tapi bisa kalian dapatkan secara gratis di Google atau bisa langsung download di sini (https://archive.org/download/ALMARJAA3/AL_MARJAA3.rar). Jika kalian membeli tablet, maka aplikasi yang kalian harus miliki juga sama seperti yang di atas, namun aplikasi al-Marjaa hanya tersedia versi berbayarnya. Aplikasi lainnya yang mungkin bagus untuk buku catatan, seperti Squid, aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan Bamboo Paper.

Jika disuruh untuk membeli, saya lebih memilih tablet Samsung with S Pen, karena lebih praktis dan simpel, di samping itu dia juga bisa menggunakan kartu perdana seperti ponsel pada umumnya. Teman-teman hanya perlu membeli keyboard Samsung langsung jika ingin menggunakan keyboard, bisa juga menggunakan keyboard Bluetooth atau Wireless.

Kesimpulannya, laptop itu sesuai kebutuhan masing-masing, tapi kalian harus tahu apa saja hal yang dibutuhkan. Untuk lebih detailnya teman-teman bisa langsung lihat video di atas. Bagi teman-teman yang berminat untuk membeli tablet Samsung with S Pen, bisa langsung cek di link ini.

Penawaran Tablet Samsung With S Pen dari ESI

📚📚ESI 📒📒
Egypt Student Information

Aplikasi yang berisikan
• Info-info mahasiswa mesir (masisir)
• Coretan kisah masisir
• Nasehat ulama
• Jadwal majlis para syaikh
• Info beasiswa
Website ESI
Egyptstudentinformation.com

Instagram @esi_info
https://www.instagram.com/esi_info/

Twitter @esi_info
https://twitter.com/esi_info?s=09

Page FB
https://www.facebook.com/Egypt-Student-Information-186278381984788/

Akun FB ESI https://www.facebook.com/esi.masisir

Link Download Playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=com.information.egyptstudent