Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu alaikum Wr. Wb.

Sebelumnya akan sangat membantu teman-teman jika kalian print postingan ini kemudian kalian tempelkan di sekolah-sekolah SMA dan yang sederajat.

Adalah suatu kebanggaan bisa menuntut ilmu ke luar negeri. Untuk mendapatkannya InsyaAllah mudah bagi mereka yang bersungguh-sungguh. Kita harus tanamkan dalam diri kita kata Mudah. Saya bisa! Saya pasti lulus! Saya pasti berhasil! Saya adalah seorang pejuang! Tak ada yang bisa melemahkan semangatku untuk mencapai cita-cita dan impianku.

Dan jangan lupa tanamkan pula bahwa “Allah yang membuat hambanya menjadi bisa, apa yang saya lakukan hanyalah perantara, Allah pasti memberikan apapun yang terbaik dan yang paling cocok untuk hambanya, dan saya yakin perjuangan tak akan pernah menghianati hasil.”

Banyak perjuangan dan pengorbanan yang harus kita lakukan untuk mendapatkannya, buat kalian yang ingin kuliah ke Timur Tengah, baik itu Mesir, Maroko, Lebanon ataupun Sudan. Di sini penulis akan berbagi tips agar bisa lulus menghadapi tes seleksinya, dan bahkan mudahan bisa mendapat beasiswa insyaAllah.

 

Soal-soal Seleksi Kemenag lengkap dan Tahdid Mustawa Daurah Lugoh

Sebelumnya ada beberapa info yang harus kalian tahu terlebih. yaitu pendaftarannya dilakukan secara online di website diktis.kemenag.go.id kemudian kalian cari menu, lalu pilih seleksi timur tengah. Biasanya pendaftaran di buka antara mei-juni. Contohnya tahun 2016 Pendaftaran dilakukan secara online mulai tanggal 07 Mei – 15 Mei 2016 di web diktis.kemenag.go.id. Pelaksanaan seleksi dilakukan pada hari Kamis, 19 Mei 2016. Tempat pelaksanaan seleksi tersebar pada sembilan titik yang tersebar di kota-kota besar Indonesia diantaranya: Jakarta, Yogyakarta, Malang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Banjarmasin, Makassar, dan Aceh.

Info Kuliah Sudan Klik di sini

Apa saja persyaratannya?

  • Lulus SMA atau yang sederajat
  • Punya ijazah tidak lebih 2 tahun dari kelulusan. Ijazah paket bisa digunakan
  • Mendaftar di website diktis.kemenag.go.id (pilih menu, kemudian seleksi timur tengah)
  • Membayar pendaftaran jika ada (biasanya 100-300ribu)

Untuk info lengkapnya bisa di download pdf ini Petunjuk Teknis Seleksi 2017 sebagai acuan.

di samping ini adalah contoh

Gambar form registrasi tahun 2016

Link buat cek NISN

http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

Kalian bisa memilih:

  1. Negara mana yang ingin dituju (Mesir, Maroko, Sudan dan Lebanon)
  2. Lokasi ujian
  3. Kategori beasiswa atau non.

Perbedaan beasiswa dan non beasiswa adalah biaya hidup ketika telah menuntut ilmu di tempat yang yang dituju, bagi mereka yang mendapatkan beasiswa, maka akan mendapat keringanan biaya hidup, sedangkan untuk non beasiswa, mereka menanggung sendiri biaya hidupnya. Hanya tujuan ke Mesir yang bisa jalur non beasiswa.

Biaya keberangkatan beasiswa penuh Mesir gratis, yang tidak penuh hanya tidak menadapat tiket pesawat. Biaya kepengurusan non beasiswa sekitar 14-20 juta. Non beasiswa biasanya menggunakan jasa mediator untuk mengurus keberangkatan mereka, sedangkan yang beasiswa langsung dari pihak IAAI (Ikatan Alumni Al Azhar Internasional). Contohnya penerima beasiswa penuh al-Azhar Mesir. Fasilitas yang didapatkannya adalah uang saku setiap bulan sekitar 750 Le, dan didapatkan setelah selesai pengurusan berkas penerima beasiswa. Makan tiga kali sehari, asrama, air, listrik, daurahdaurah (kursus bimbingan belajar atau majelis ilmu) gratis, daurah tahfiz gratis, bahasa fusha terlatih karena tinggalnya bersama para pelajar-pelajar lain dari berbagai negara, perpustakaan, gym dan tempat olahraga lainnya, rihlah-rihlah(piknik) ke berbagai tempat seperti Alexandria, Luxor, Aswan, Hurgada, Pyramid, museum dan lain-lainnya, dengan biaya yang sangat murah. Selain itu ada juga lapangan futsal, taman, mesjid, toko kitab dan lain-lainnya. Karena uang saku tidak langsung diterima, saya menyarankan kepada kalian agar membawa uang saku sendiri untuk jaga-jaga minimal sekitar 100-200 dollar. Membawa dollar lebih dianjurkan dari pada uang rupiah. Sedangkan yang non beasiswa mereka harus mengurus sendiri urusan kehidupan mereka, mulai dari makan, tempat tinggal, dan keperluan lainnya tapi sedikit berbeda jika non beasiswanya memilih asrama yang disediakan pihak Kemenag. Keuntungan yang ikut asrama adalah dapat keamanan, tempat dekat dengan Markaz Lughah (tempat sekolah) dan lain-lain. Sedangkan yang tidak memilih asrama biaya hidupnya lebih murah.

Untuk keberangkatan mahasiswa yang non beasiswa biasanya mereka dibantu oleh mediator pengurus keberangkatan, keuntungan bagi yang non beasiswa lebih cepat berangkatnya dari pada penerima beasiswa. Di tahun 2016 non beasiswa berangkatnya bulan september, kebanyakan mereka berangkat tanggal 14nya. Sedangkan penerima beasiswa Maroko dan Sudan berangkatnya lebih cepat dari pada penerima beasiswa Mesir. Penerima beasiswa tahun 2016 berangkat pada bulan Januari 2017, sedangkan penerima beasiswa tahun 2017 berangkat pada bulan September 2018.

Sedangkan yang non beasiswa mereka harus mengurus sendiri urusan kehidupan mereka, mulai dari makan, tempat tinggal, dan keperluan lainnya tapi sedikit berbeda jika non beasiswanya memilih asrama yang disediakan pihak Kemenag. Keuntungan yang ikut asrama adalah dapat keamanan, tempat dekat dengan markaz lugah (tempat sekolah) dan lain-lain. Sedangkan yang tidak memilih asrama biaya hidupnya lebih murah.

Baca juga: Biaya Hidup di Cairo Secara Umum

Untuk keberangkatan mahasiswa yang non beasiswa biasanya mereka dibantu oleh mediator pengurus keberangkatan, Keuntungan bagi yang non beasiswa lebih cepat berangkatnya dari pada penerima beasiswa. Di tahun 2016 non beasiswa berangkatnya bulan september, kebanyakan mereka berangkat tanggal 14nya. Sedangkan penerima beasiswa Maroko dan Sudan berangkatnya lebih cepat dari pada penerima beasiswa Mesir. Mayoritas peserta seleksi lebih memilih kuliah di Mesir dari pada Sudan dan Maroko. Penerima beasiswa tahun 2016 berangkat pada bulan januari 2017, sedangkan penerima beasiswa tahun 2017 untuk saat ini belum ada info keberangkatan.

Baca juga: GAWATIM Mediator Pengurus Jasa Keberangkatan Mahasiswa/i Baru Universitas Al-Azhar

Yang menjadi pembahasan kita di sini, bagaimana caranya bisa lulus seleksi, dan mudahan bisa mendapat beasiswa, sehingga kalian bisa belajar di salah satu negara timur tengah. Tes yang akan dihadapi ada dua macam, yaitu tertulis (kurang lebih 60 soal pilihan ganda dan satu insya’) dan secara lisan yang in sya Allah saya jelaskan nanti. Tips-tips yang di bawah ini sesuai pengalaman yang di

alami penulis.

  1. Perbaiki niat kalian.
  2. Mendaftar terlebih dahulu di web yang tercantum di atas.
  3. Mencetak kartu peserta pendaftaran.
  4. Siapkan berkas-berkas yang lain seperti, foto 3×4, ijazah dan uang secukupnya. Dan Serahkan kepada petugas di tempat pelaksanaan tes.
  5. Persiapkan Ilmu Bahasa Arab (Qira’ah, Ta’bir, Nahwu, Sharaf dan Balaghah) dan hafalan Al-Qur’an, di harapkan sudah mutqin untuk hafalan Al-Qur’an, minimal 2 Juz untuk tes lisan dan 3 juz untuk yang tertulis(juz 1, 2 dan 30).
  6. Minta do’akan sama orang tua atau para guru, agar di beri kemudahan.
  7. Jangan lupa membawa peralatan alat tulis, seperti : pulpen, pensil, penghapus dll. Dan jangan lupa membawa cadangannya.
  8. Datang ke tempat tes pagi-pagi, jangan sampai telat. Kalau perlu menginap di tempat teman, jikalau rumah kalian jauh.
  9. Berpakaian rapi, sopan dan jangan lupa memakai sepatu.
  10. Jangan lupa berdo’a terlebih dahulu ketika akan menjawab soal.
  11. Jujur ketika mengerjakan.
  12. Kerjakan yang menurutmu mudah, akhirkan yang susah.
  13. Jangan sampai ada jawaban yang kosong, usahakan terisi penuh.
  14. Perhatikan soal insya’ (membuat karangan), usahakan untuk mengisi dengan penuh, karena nilai tertinggi biasanya dari soal insya’.
  15. Untuk kuota itu tidak menentu, tergantung perolehan nilai. Misal batas minimal nilai lulus tes 65 maka semua peserta yang yg nilai 65 atau lebih dinyatakan lulus. Batas minimal nilai bisa berubah, seperti di tahun 2015 batas minimalnya 70 sedangkan di tahun 2016 batas minimalnya 65.
  16. Koreksi terlebih dahulu, sebelum kamu mengumpulkan jawaban.
  17. Persiapkan ujian lisan, latihlah dulu bahasa arab kalian bersama teman-teman agar tidak kaget tatkala berbicara dengan penguji.
  18. Jujurlah ketika ditanya, jangan bohong. Usahakan supaya tenang
  19. Ucapkan salam ketika memulai percakapan dan saat mengakhiri percakapan.
  20. Setelah selesai semua, perbanyak do’a. Apalagi di waktu-waktu mustajab, seperti pada 1/3 malam terakhir, antara adzan dan iqomat, pada hari jum’at, dll.
  21. Yang terakhir ketika kita telah berusaha semaksimal mungkin, maka kita harus serahkan kepada Allah SWT tawakkal dan bersabar, karena Allah akan memberikan yang terbaik untuk hambanya.
  1. MATERI YANG AKAN DIUJIKAN
  • Tes tertulis
    1. Hafalan Al Qur’an minimal 3 Juz (1,2 dan 30)
    2. Ilmu fiqih
    3. Siroh Nabawiyah(sejarah islam termasuk hari-hari besar islam dan tanggal-tanggal penting)
    4. Akidah islam
    5. Hadist
    6. Mustalahul hadist
    7. Ushul tafsir/ulumul qur’an
    8. Bahasa arab dan sastra arab
      1. Nahwu
      2. Shorof
  • Memahami teks bahasa arab
  1. Balaghoh
  2. Insya'(mengarang)
  • Tes secara lisan
    1. Wawancara (sedikit percakapan menggunakan b. Arab)
    2. Membaca artikel atau teks b. Arab
    3. Hafalan Qur’an minimal dua juz

Untuk buku-buku yang saya rekomendasikan:

  1. Ilmu nahu dan ilmu sharaf = Taqriratul Bahiyyah (Syarah Al Jurumiyah), Mulakkhas Lugatul Arabiyah, Jami’uddurus Lugatul Arabiyah, Shorfiyah(Kitab Amsilati) dan kitab Unwanuzzhorfi
  2. Ilmu fiqih = Taqriratus Sadidah, Safinatun An Najah, Fathul Muin dan Fathul Qorib
  3. Sirah atau tarikh = Khulasah Nurul Yaqin Jilid 1 dan 2, lks SKI Dan Tarikhul Khulafa’ atau Itwamul Wafa.
  4. Akidah islam = Buku LKS akidah islam kelas XI
  5. Mustalahul hadist = Taqriratus Saniah (syarah syair Baiquniah) dan Minhatul Mugis
  6. Ushul tafsir = Zubdatul Itqan (sayyid Muhammad Al Maliky) dan kitab ilmu tafsir
  7. Balagah = Balagatul Wadihah karangan Mustafa Amien dan Ali Al Jarim.

kami sediakan link buku dan materi untuk di pelajari di bawah ini

Dengan membaca konsep pemetaan di atas kalian dapat membayangkan soal-soal yang akan di ujikan untuk tes seleksi timur tengah.

Di bawah ini adalah hasil rapat panitia tahun 2016

Rapat Panitia, Berikut Informasi Pra Seleksi Timur Tengah

Dirjen Pendis, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI, pada 16 Mei 2016 mengundang panitia tim seleksi Timur Tengah untuk melakukan konsolidasi antara lembaga dan kepanitiaan. Sidang rapat yang dipimpin oleh Kasi Kerjasama, Drs, Rudi Ambari, MA, dan Sekejen IAAI Indonesia, Dr. Muchlis M. Hanafi selaku ketua Tim penguji tersebut dihadiri oleh panitia lintas lembaga dan juga oleh sembilan pimpinan perguruan tinggi Islam yang menjadi tuan rumah lokasi seleksi.

Pada pertemuan berdurasi tiga jam menjelang malam tersebut, ada beberapa hal yang perlu disampaikan kepada peserta; yaitu:

  1. Penyerahan berkas seleksi yaitu berupa legalisir ijazah atau surat keterengan lulus diserahkan dari tanggal 16 s.d. 18 Mei 2016 di lokasi seleksi.
  2. Setiap peserta membayar biaya seleksi, termasuk untuk kebutuhan konsumsi peserta seleksi sebesar Rp. 100.000,-
  3. Seleksi yang diselenggarakan pada tanggal 19 Mei akan dimulai pada pukul 8.30 WIB atau 9.30 WITA. Tidak ada seleksi susulan.
  4. Peserta harus membawa kartu peserta dan kartu identitas pada saat seleksi dilaksanakan.
  5. Peserta harus berada di ruang ujian paling lambat sepuluh menit sebelum ujian dimulai. Peserta boleh meninggalkan ruangan 30 menit sebelum waktu ujian berakhir.
  6. Peserta harus berpakaian sopan, rapi, dan menggunakan sepatu. (Tidak diperkenankan menggunakan T-Shirt dan kaos oblong).
  7. Untuk peserta seleksi Al-Azhar akan ditanyakan tentang kesiapan finansial peserta pada waktu ujian lisan.
  8. Komposisi penilaian; Tulis: 75%, Lisan: 25%.

APA YANG DILAKUKAN SETELAH LULUS TES KEMENAG(BAGI MAHASISWA MESIR)?

Mengurus pemberkasan keberangkatan, salah satu mediator yang mengurus keberangkatan mahasiswa/i ke Mesir adalah Mediator GAWATIM info lengkapnya bisa kalian klik link itu.

  • Al-Azhar mewajibkan bagi siapapun sebelum memasuki kuliah untuk memasuki markaz yang telah disediakan sebagai wadah untuk memperdalam bahasa Arab.
  • Di markaz bahasa terdapat 7 level yang harus ditempuh, yaitu :
  1. Mubtadi’ Awwal = Biaya 660 le
  2. Mubtadi’ Tsani = Biaya 660 le
  3. Mutawassith Awwal = Biaya 660 le
  4. Mutawassith Tsani = Biaya 660 le
  5. Mutaqoddim Awwal = Biaya 660 le
  6. Mutaqoddim Tsani = Biaya 660 le
  7. Mutamayyiz = Biaya 440 le

Tingkat yang kita masuki di tentukan oleh hasil ujian tahdid mustawa (penentuan level) yang diadakan pihak markaz. Materi yang diujikan meliputi : Istima’ (listening), qiraah (reading), nahwu sorf (kaedah), tashih (pembenaran), sinonim dan anonim, dan insya (mengarang). Kadang soal tentang balaghah juga keluar, maka perlu juga dipersiapkan.

Baca Juga Tips Agar Lulus Tes Tahdid Mustawa Dengan Level Tinggi

Kisi-kisi-peta-soal-seleksi-timur-tengah-dari-tahun-2011-sampai-2017

Berikut adalah contoh soal, silakan yang berminat untuk mendownload sebagai bekal pertama persiapan.

Soal ada yg file pdf dan ada yang rar. Untuk file rar bisa dibuka melalui komputer, jika ingin lewat hp, bukanya menggunakan aplikasi ES Explorer bisa didownload di Playstore

Link download buku Persiapan timur tengah klik link di bawah

Soal-soal Seleksi Kemenag lengkap dan Tahdid Mustawa Daurah Lugoh

Jika ada link yang bermasalah harap tinggalkan komentar melalui website.

Link grup diskusi camaba timur tengah untuk bergabung klik di sini 

Kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar melalui website.

Baca juga:

Apa saja yang harus disiapkan oleh calon mahasiswa baru luar negeri sebelum berangkat ke luar negeri dan proses keberangkatan serta tips trik beradaptasi di lingkunganbaru

Fakultas-fakultas di Kairo

Mengenal Universitas Al-Azhar

Tunggu info kelanjutannya mengenai seleksi timur tengah di website ESI egyptstudentinformation.com atau melalui aplikasinya langsung

Silahkan download di Playstore untuk dapatkan notifikasinya terus

📚📚ESI 📒📒
Egypt Student Information

Aplikasi yang berisikan
• Info-info mahasiswa mesir (masisir)
• Coretan kisah masisir
• Nasehat ulama
• Jadwal majlis para syaikh
• Info beasiswa

Link Download https://play.google.com/store/apps/details?id=com.information.egyptstudent

Sumber https://mjamzuri.com/index.php/download/category/4-edaran-dokumen#

https://propertyofhelmy.wordpress.com/2016/10/01/contoh-soal-tes-masuk-markaz-bahasa-al-azhar/amp

111 thoughts on “Info Lengkap Mengenai Seleksi ke Timur Tengah dan Link Download Contoh Soal Serta Materi Buat Persiapan Seleksi”

  1. Assalamualaikum ustad, kalo misalkan saya ke mesir tanpa bimtes itu boleh aja kan? misal, saya daftar dan pengurusan nya sendiri tanpa melalui bimtes?”.

    1. Beberapa jalur untuk bisa kuliah ke mesir yaitu melalui tes seleksi yang diadakan kemenag, IAAI, dubes dan Gontor.

      Kalau jalur selain itu tidak direkomendasikan, bisa dibilang ilegal.

      Masalah bimtes tak ada disyaratkan, yang penting antum mendaftar di website kemenag ketika pendaftaran dibuka dan kemudian ikut tes
      Semangat😁

  2. Assalamu’alaikum ustadz klo boleh tau perkiraan seluruh biaya dari pengurusan awal (diindo) hingga masuk DL yang dikeluarkan baik non bea maupun bea berapa ya?

    1. Untuk biaya sebelum berangkat sekitar 15 jutaan

      Itu termasuk daftar mediator,
      Untuk biaya masuk de el bisa antum cek di postingan.

      Misal antum masuk tingkat mutaqaddim awal, berarti antum bayarnya cuma mutaqaddim awal, tsani dan mutamayyiz..

      Anggap 1 le = Rp.800

      Nah hasilnya bisa antum perkirakan.

      Beda lagi nanti jika menggunakan asrama yg disediakan pihak kemenag kalau tidak salah biaya asramanya 550 dollar setahun

  3. assalamualkum ustad..afwan ana mau nanya klau yg beasiswa tu gabung antara lki2 dg perempuan ustad.dan kpasitas nya brapa orang ustad?.syukron ustad.

    1. Biasanya kapasitasnya 20 orang mahasiswa mesir.

      Laki2 dan perempuan gabung.. Seleksi.beasiswa itu adalah peserta yg mendapata nilai 20 tertinggi dari seluruh peserta.

      Insya Allah infonya seperti itu. Sebagaimana yg saya alami

    1. Belum ada infonya tentang itu akhi… Mungkin seperti tahun2 kemaren…

      Saat2 ini ada isu beredar tahun ini akan ditiadakan seleksi timur tengah… Tapi itu cuma isu.. Masih belum ada kepastian

  4. Assalamu’alaikum ustadz
    Apa benar ada juga tes selaksi al azhar tapi langsung dari kedubes mesir bukan kemenag?
    Kalo iya ada kenapa sangat sulit mencari informasi pendaftaran dll,,mohon bantuan informasi nya Syukron katsiron jazakallah khairan

    Wassalamu’alaikum

    1. Iya ada… Ujian kudubes itu biasanya untuk mereka yang punya hubungan sama pihak azhar, seperti di sekolah mereka ada pengajar yg diutus dari azhar yg biasa di sebut mab’us

      Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan beasiswa Al-Azhar ada 4 jalur resmi.

      1. KEMENAG : seluruh calon peserta wajib ikut tes kemenag untuk mendapatkan ijazah muahadah. Biasanya beasiswa kemenag tersedia 20 kuota.

      2. KEDUBES : jalur ini terbuka bagi sekolah yang memiliki keterikatan oleh Kedubes. Kuota tidak menentu.

      3. Jalur Gontor : jalur ini terbuka hanya untuk semua lulusan gontor. Untuk tahun kemarin gontor mendapatkan jatah 50 siswa.

      4. Jalur IAAI (Ikatan Alumni Al-Azhar Indonesia) : jalur ini tersedia bagi siswa asal sekolah/pondok yang mana alumninya memiliki keterikatan oleh IAAI. Biasanya tersedia 5 kuota.

      Coba antum baca juga postingan teman saya http://www.jejaknile.org/2017/02/tips-jitu-lulus-univ-al-azhar-kairo.html?m=1

    1. Info di atas adalah cata mandiri….

      Ringkasnya antum belajae sendiri, kemudian daftar di website kemenag, kemudian antum ikut seleksi, kemudian lulus. Saran saya untuk masalah keberangkatan kalian ikut mediator, karena hal itu sangat membantu kalian dalam masalah keberangkatan

    1. Wa alaikum salam…
      1. Cara untuk mendapatkan kartu peserta dengan mendaftar sesuai prosedur di website diktis.kemenag.go.id

      Tpi untuk saat ini pendaftaran masih belum di buka…

      2. Untuk mendapatkan beasiswa harus ikut seleksi yg di adakan kemenag.

      20 org nilai tertinggi akan mendapatkan beasiswa.

      Smoga mnjawab prtanyaan antum yaaa

      1. Assalamualaikum ustadz saya mau nanya ustadz buat pendaftaran 2019 gimana ya ustadz kapan dibukanya ustadz untuk bisa kuliah di maroko ustadz lewat jalur beasiswa jazakumullah khair ustadz syukron wasalamua’laikum wr wb

      2. Assalamu’alaikum Ustadz,, tadi ustadz bilang 20 orang nilai tertinggi akan mendapatkan beasiswa, berarti selain itu akan tetap lulus tetapi nonbeasiswa, atau sama sekali tidak lulus Stadz? syukron

  5. Assalamu’alaikum ustadz.. kalo semisalnya seorang peserta daftar dan memilih jalur beasiswa tapi ternyata dia tidak dapat beasiswa tersebut, apakah tetap dinyatakan lulus (lewat jalur non beasiswa), atau mutlak tidak lulus sama sekali?
    Syukrom sebelumnya

    1. Wa alaikum salam… Menurut pengalaman teman2 saya.. Mereka yg memilih jalur beasiswa, tapi ternyata nilai mereka bukan 20 orang yg tertinggi se indonesia, tapi mencapai nilai batas minimal lulus… Mereka tetap lulus dengan jalur non beasiswa… Jd intinya baik yg jalur beasiswa maupun non.. Jika nilainya 20 tertinggi maka dia masuk beasiswa, jika tidak.. Maka pndah ke jalur non beasiswa dengan syarat mencapai nilai batas minimal kelulusan.

  6. Assalamualaikum ust… Saya mau tanya
    Mata uang mesir yg dipakai skrng ini le atau pon?karena saya malah dibuat bingung sma kdua itu… Yg sering dpkai apa y? Dan konversiannya ke rupiah brp?
    Syukron ust

  7. Saya ingin ke al azhar, tpi tidak bisa sastra arab dn ilmu agama jg, mau mengaji tapi keadaan sudah bekerja, sempat belajar nahwu cuma dua tahun setengah
    Bagaimana ya 😊

    1. Pak rijal bisa ke mesir sebagai turis, biasanya travel2 wisata ada yg membuka jasa itu, seperti kiai saya yg berwisata ke mesir selama satu bulan saja

    1. Penerima beasiswa adalah peserta seleksi yang mendapat rangking 20 tertinggi…. Dan penerima. Beasiswa adalah mereka yang nilainya di atas minimal kelulusan, misal nilai minimal lulusnya adalah 65, maka peserta harus mendapat nilai 65 atau di atasnya baru bisa lulus non beasiswa.

  8. Assalamualaikum ustadz, mau nanya apakah yg lulus dengan nilai tertinggi mendapatkan beasiswa itu, tetap harus mengeluarkan biaya ? Apabila harus dikeluarkan biaya, kira kira berapa biaya ustadz ?

  9. Assalamualaikum ustadz, mau nanya apakah yg lulus dengan nilai tertinggi mendapatkan beasiswa itu, tetap harus mengeluarkan biaya ? Apabila harus dikeluarkan biaya, kira kira berapa biaya ustadz ?

    1. Iya… Masih, saya kemaren habisnya cuma 2 jutaan… Yaitu pengurusan paspor, terjemah berkas2, dan tiket pesawat ke jakarta dari kalimantan

  10. assalamualaikumm,,,, ustad kalau daftar nya jalur besiswa trus pas seleksi ngg masuk nilai tinggi, itu jadinya gmna?

      1. Itu bersihnya… Nah.. Ketika tahun 2017, karena ada asrama untuk banin… Teman saya menghabiskan uang untuk banin Klo asramanya 600 dollar
        Klo yg lwan tiket+visa+asrama+byr dl 1 tingkat
        Totalnya mungkin 19 jutaan

    1. Kepindah otomatis ke non beasiswa jika nilainya di atas nilai kelulusan… Insya Allah nilai kelulusan tahun ini 70

      Ini udah di share teman2 di wa

      Kesepakatan di rapat kemarin sbb:

      1) Tahun ini tetap akan dilaksanakan seleksi ke Timteng (Mesir,Sudan,Libanon, Maroko) sbgmn tahun lalu. Alhamdulillah.

      2) Pengumuman seleksi insyaAllah dikeluarkan kemenag tanggal 19 April 2018 di website kemenag

      3)Pendaftaran online direncanakan dr tgl 19 April – 9 Mei 2018. Seleksi dijadwalkan hari Sabtu, 12 Mei 2018 di beberapa PTKIN yg telah ditetapkan.

      4) Biaya pendaftaran seleksi disepakati Rp.200K

      5)Nilai minimum kelulusan (passing grade) akan dinaikkan lbh tinggi dr tahun lalu yg 6,5 mnjadi sekitar 7 ato 7,5. Jadi camaba hrs lbh siap. Detailnya akan diumumkan kemenag.

      6)Asrama bg mhsw baru akan dibicarakan lbh lanjut antara kemenag,kemenlu,KBRI. Kecenderungan sementara, tdk berubah dr tahun lalu. Tp tetap hrs menunggu keputusan final pembicaraan kemenag dg pihak2 trkait tsb.

      Demikian. Ini info terbatas untuk kalangan pengurus OIAA dulu. Detailnya dan finalnya kita tunggu pengumuman resmi kemenag dlm 2 hari ke depan di website kemenag. Terimakasih.

  11. Assalamu’alaukum ustadz, ini pada materi ujian dalam edaran kemenag, tertulis hafalan/bacaan minimal 2 juz. Itu maksudnya harus hafal seminimnya 2 juz atau ada suatu tes yg mengharuskan membaca Al-Qur’an minimal 2 juz.

      1. 2juz itu apakah termasuk juz 30?

        Untuk pendaftaran di website kemenag, kenapa masih belum bisa. Saat saya pencet tombol pendaftaran adanya malah “pendaftaran sudah ditutup”

        1. Juz yg perlu d hapal itu setahu saya juz 30, 1 dan 2… Untuk jaga2 juz 3 juga d hapal…

          Masalah pendaftaran masih belum dibuka kemenag.

          Padahal dari info yg disebar seharusnya pendaftaran sudah dibuka sejak tgl 19, tpi sampai saat ini blum dibuka.

  12. Syukron ustadz… minya doanya ya semua … ustadz… saling mendoakan ya … semoga najah… amiin… saya izin download ustadz..

  13. MAAF ustadz apabila kita mendaftar sebagai non beasiswa,, bisakah kita menjadi mahasiswa yg beasiswa

    1. Denger2 dari cerita temen2 saya.. Ada yg daftar non beasiswa.. Tpi nilai dia termasuk 20 tertinggi seindonesia.. Dia masuk beasiswa gitu

    1. Bukannya nanti tgl 9-10 tu pergi ngantar hard copy (bentuk file) ke tempat masing”?… trus baru di kasih nmor rekening nya atau langsung dibayar di situ…

  14. Kalo misalkan saya kuliah dulu di indonesia misal ya jurusan teknik apa gitu. Terus setelah kuliah saya pingin sekolah di al-azhar, apa bisa?

    1. Ijazahnya minimal 3 tahun dari kelulusan.. Jdi kalau lewat itu.. David harus bikin ijazah paket lagi buat bisa ikut seleksi kemenagnya.. Cuma itu yg saya tau.

  15. Assalamualaikum ustadz. Mau tanya untuk recom buku, misal nya ilmu fiqh yg dituliskan ustadz ada 4 : taqriratus sadidah, safinatun najah, fathul muin dan fathul qorib, itu memang harus dikuasai semua atau salah satunya saja?
    untuk mustalahul hadisnya juga ada 2 : taqriratus saniah dan minhatul mugis. Salah satu aja apa semuanya?
    Begitu pula dgn bukubuku yg lain.
    syukron ustadz

  16. assalamualaikum,ustadz. apakah pilihan jurusan untuk mahasiswa/i asing itu dibatasi? kemudian, apakah disana ada fasilitas untuk belajar tahsin, tahfidz, talaqqi dsb? Syukron atas infonya,ustadz. Baarakallahufik..

  17. Assalamualaikum ustad, ustad izin bertanya. Apakah kalau berangkat mahasiswa baru ke Mesir harus beli tiket pulang pergi ustad seperti kunjungan ?

    Atau hanya one way saja ustad. Mohon bantuannya syukron

      1. Assalamualaikum ustaz saya insyaallah ada niat untuk melanjutkan studi ke mesir tapi saya lulusan dari D3 keperawatan apakah bisa untuk kuliah di sana?
        Tapi sebelom saya kuliah di D3 keperawatan saya dari pesantren ustad. Dan juga ijazah D3 saya tamatan tahun 2017 ustaz.
        Apakah bisa?

        1. Kalau sesuai aturan mungkin tidak bisa… Karena ijazah yg diminta adalah sma sederajat dan tak lebih dari 3 tahun, tpi kalau ijazah pesantren kamu engga lewat 3 tahun, mungkin masih bisa. Tapi ada kemungkinan juga kalau kak suandi bisa minta keringanan dengan panitia pendaftaran untuk menerima ijazah D3, mungkin bisa

  18. Assalamualaikum ust saya mau nanya, klo misalkan kita milih program beasiswa dan misalkan kita tidak terpilih/tidak lolos. Maka apakah kita akan di masukan ke program non beasiswa atau memang sudah tidak bisa dan harus menunggu tahun depan?
    Syukron,,

  19. Assalamualaikum.
    InsyaAllah tahun ini mau tes kuliah di Maroko. Mohon doanya kk…
    Pertanyaan saya, apakah ketika lulus tes kita bisa milih universitas?

    1. Semoga sukses yaa!… Universitas² tertentu saja.

      Coba cek infonya di list ini

      *Link Grup Camaba Timteng*
      https://egyptstudentinformation.com/link-grup-camaba-timteng/

      *Info Lengkap Mengenai Seleksi Kemenag*
      http://bit.ly/2ADizCF

      *Soal Seleksi Kemenag lengkap & Tahdid Mustawa*
      http://bit.ly/2BI31iL

      *Biaya Kehidupan di Kairo Secara Umum* http://bit.ly/2P8ZL3d

      *Mengenal Universitas Al-Azhar* http://bit.ly/2RkNWJb

      *Link download istima’* http://bit.ly/2Qr53vz

      *Tips Sukses Tahdid Mustawa* http://bit.ly/2KJ5Se6

      *CONTOH PROPOSAL PERMOHONAN DANA STUDI DI TIMUR TENGAH*
      http://bit.ly/2SjeMBr

      *Penjelasan Tentang Seleksi Kemenag* http://bit.ly/2Sr0yPh

      Info Lengkap Mengenai Seleksi ke Timur Tengah dan Link Download Contoh Soal Serta Materi Buat Persiapan Seleksi
      https://egyptstudentinformation.com/contoh-soal-tes-masuk-markaz-bahasa-al-azhar-dan-tes-kemenag/

      Download Buku Panduan Lengkap Kuliah di Sudan
      https://egyptstudentinformation.com/download-buku-panduan-lengkap-kuliah-di-sudan/

      Info Seputar Kuliah di Maroko
      https://egyptstudentinformation.com/info-seputar-kuliah-di-maroko/

  20. Assalamualaikum klo yg non beasiswa Kouta nya ada berapa ya,kan klo yg beasiswa 20 doang,klo yg non beasiswa berapa Kouta kata temen saya yg non beasiswa 1900an Kouta nya apakah benar??

Leave a Reply