Oleh: Ust. Fakhry Emil Habib, Lc., Dipl. (Wakil Presiden PPMI MESIR 2017-2018)

Dulu, aku sempat berpikir bahwa pelawak adalah orang yang kecerdasannya di bawah rata-rata. Namun tidak, aku salah! Ternyata mereka adalah orang yang kreatif dan cerdas, sehingga apa yang dikatakannya bisa membuat orang lain tertawa.

Buktinya? Hmm, biar kuceritakan sebuah lawakan, dari Akbar, saat tampil di “Indonesia Lawak Klub” (ILK). Ia menceritakan bahwa ada seorang muazin mengumandangkan azan subuh, namun jamaah yang hadir hanya dua orang, termasuk dirinya. Jamaah sedikit, tentu ia kecewa.

Hari itu juga, pada jam 10, azan kembali dikumandangkannya. Tak tanggung-tanggung, seluruh penduduk kampung datang berbondong-bondong ke Mushala. Mereka berteriak menyuruh si muazin keluar, menemui masa yang datang, “Hei kamu! Azan apa jam 10 pagi?! Kamu alirannya apa?!”

Si muazin juga tak kalah lihai berbicara, “Eh, Bapak, Ibu, saya yang harus bertanya. Aliran Bapak Ibu apa? Saya azan subuh tidak ada yang ke Mushala. Eh, saya azan jam 10, kok ke sini semuanya?!”

Serangan telak dari pelawak, dengan bantahan yang sangat mengena, Dan lebih hebat lagi, selain membuat tertawa, juga terdapat ilmu bermanfaat di dalamnya.

Sumber: http://habibalfatih.blogspot.com/2014/04/anda-islam-aliran-apa.html