Oleh: Muhammad Haris Jundullah

Untuk kalian yang tengah berjuang meraih asa dan cita untuk menuntut ilmu di sumber-sumber ilmu yang terbaik, terutama mereka yang berikhtiar menuju Al Azhar As-Syarif.

Jangan takut bermimpi. Tak ada yang mustahil jika Allah telah berkehendak, sekalipun kita sangka itu tidak mungkin. Yang terpenting impian itu baik dan bermanfaat. Jadi, tetaplah berusaha, kencangkan ikhtiar dan berdoa, mengharapkan yang terbaik pada Allah SWT. Moga itu menjadi washilah terwujudnya impian kita.

Ingatlah, bahwa ada dua hal diterimanya amal dan ikhtiar oleh Allah SWT: Niat yang shahih dan amalan yang benar. Jika ini terwujud, pahala yang besar menanti.

Jadi, kembali luruskan niat, untuk mengharapkan ridha Allah semata. Dan berikhtiar lah yang terbaik, sesuai koridor syariat Allah, sebaik-baik pembuat peraturan.

Memang, hidup tak semudah teori-teori hidup. Life is never flat. Kadang diatas, kadang di bawah. Tapi, ingatlah, apapun yang terjadi, tetap berusahalah yang terbaik. Jangan membuat batas, tapi cobalah berusaha hingga melebihi yg kau mampu.

Janganlah berjuang sendiri. Sebagai makhluk sosial, kita ditakdirkan saling membutuhkan satu sama lain. Jadi, carilah kawan seperjuangan yang membersamai dan mengingatkan serta mentor dan guru yang mengarahkan menuju jalan yang lurus. Memang mereka tak selamanya benar, baik, dan cocok dengan kita. Bersabarlah, maka akan kau dapatkan indahnya tolong-menolong, saling menasihati dan berkembang bersama.

Selamat menempuh dunia bebas, menjalani hidup di kehidupan masyarakat yang sesungguhnya. Semoga antum bisa kuat dan bisa menguatkan, bertahan dari arus dan membuat arus, menjaga diri dan kawan-kawan, hingga bisa menuju tujuan tertinggi yang diimpikan, surga tertinggi, Al-Firdaus, dan juga bertemu Sayyiduna Muhammad SAW.

Jadilah pelita ummat. Untuk menuju itu, jadilah pelita bagi diri sendiri, bagi kawan-kawan, dan bagi lingkungan.

Yassarallah umuurana.